-->

5 Situs Color Palette Gratis Yang Wajib Kamu Tau

Assalamualaikum people!

Sebagai seorang desainer grafis tentunya kamu selalu membutuhkan perpaduan warna yang menarik untuk project desain mu, tak jarang hal ini sering membuat mu pusing karena sulit untuk mendapatkan perpaduan warna yang tepat seperti yang kamu inginkan.

untungnya di jaman kemajuan teknologi seperti saat ini kita sudah tidak perlu lagi repot-repot untuk membuat color palette secara manual, sekarang ada beberapa website gratis penyedia color palette yang langsung dapat men-generate perpaduan warna yang kamu inginkan. 

dan kali ini saya akan memberikan 7 rekomendasi situs color palette gratis yang wajib kamu tau, apa aja websitenya? yuk kita bahas.

01. Coolors (coolors.co)

Coolors adalah sebuah website gratis penyedia generator skema warna yang super cepat untuk para desainer yang di buat oleh Fabrizio Bianchi, seorang desainer web dan developer. Slogannya adalah "Buat, simpan, dan bagikan dengan sempurna dalam hitungan detik", memang generator skema warna yang dimiliki oleh coolors sangatlah terbukti cepat, kita dapat memadu padankan warna untuk kita jadikan palet warna yang nantinya dapat kamu pakai, bahkan dapat orang lain juga pakai sebagai paletnya. 


Kamu pun dapat dengan mudah langsung mengambil contoh warna palet populer yang sudah ada untuk kamu aplikasikan ke dalam project mu.
Selain menjadi website penyedia color palet, coolors juga mempunyai beberapa fitur lain seperti :
Selain di website Coolors juga sudah tersedia di iOS app, Adobe addon dan Chrome extension.

02. Paletton (paletton.com)

Paletton memungkinkan kamu memilih satu warna dasar untuk tata letak, dan kemudian menampilkan berbagai corak serupa dalam kotak kecil yang cocok dengan warna pilihan mu. Dengan Paletton, kamu dapat membagikan palet warna dengan membuat tautan untuk kamu bagikan.


03. Color Palettes (colorpalettes.net)

Color Palettes adalah sumber daya yang membantu kamu dalam pemilihan warna, yang dibuat secara khusus dengan tujuan untuk menjadi generator yang memberi inspirasi.
Setiap palet di situs web color palettes dibuat secara manual dan merupakan karya kreatif pribadi dari penulis utama - desainer, pewarna, dan fotografer Alex Romanuke. Itulah mengapa pembuatan palet warna baru dibatasi dalam rate dan kuantitasnya.


04. Material.io (material.io/resources/color)

Material.io adalah sistem desain yang dibuat oleh Google untuk membantumu membangun pengalaman digital berkualitas tinggi untuk Android, iOS, Flutter, dan web.
Sistem warna Desain Material membantu kamu menerapkan warna ke UI dengan cara yang efisien. Dalam sistem ini, Kamu memilih warna primer dan sekunder untuk mewakili project atau merekmu. Varian gelap dan terang dari setiap warna kemudian dapat diterapkan ke UI mu dengan cara yang berbeda.


Tema warna dirancang agar serasi, memastikan teks dapat diakses, dan membedakan elemen dan permukaan UI satu sama lain. Alat palet Desain Material atau palet Desain Material 2014 tersedia untuk membantumu dalam memilih warna.


Pernah bertanya-tanya bagaimana desainer dan seniman menemukan kombinasi warna yang sempurna?

Mereka menggunakan teori warna. Teori warna adalah kombinasi praktis antara seni dan sains yang digunakan untuk menentukan warna apa yang terlihat serasi. Roda warna ditemukan pada tahun 1666 oleh Isaac Newton, yang memetakan spektrum warna ke dalam lingkaran. Roda warna merupakan dasar teori warna, karena menunjukkan hubungan antar warna.

Warna yang terlihat serasi disebut harmoni warna. Seniman dan desainer menggunakan ini untuk menciptakan tampilan atau nuansa tertentu. Kamu dapat menggunakan roda warna untuk menemukan harmoni warna dengan menggunakan aturan kombinasi warna. Kombinasi warna menentukan posisi relatif berbagai warna untuk menemukan warna yang menciptakan efek menyenangkan.


Ada dua jenis roda warna. Roda warna RYB atau merah, kuning, biru biasanya digunakan oleh seniman, karena membantu memadukan warna cat. Lalu ada RGB, atau roda warna merah, hijau dan biru, yang dirancang untuk penggunaan online, karena mengacu pada pencampuran cahaya - seperti pada layar komputer atau TV. Bagi kamu yang seorang designer grafis roda warna Canva adalah roda warna yang tepat karena roda warna Canva adalah roda warna RGB karena dirancang untuk penggunaan online.

Image reference : Wikipedia and other source.
Head image reference : pikisupersta

Baca juga