-->

5 Model Bisnis Pada Aplikasi Platform Untuk Mobile Device

akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, pada artikel sebelumnya, saya pernah membahas tentang produktif dengan menggunakan PC mu, seperti belajar menggunakan software Android Studio, yang ketika kamu sudah menguasainya kamu dapat mengembangkan bisnis baru di bidang startup.
tapi bisnis seperti apa yang kita lakukan dari aplikasi platform untuk mobile device?



Ada lima model bisnis yang ada pada aplikasi platform untuk mobile device, seperti Android:

  • Aplikasi berbayar Yaitu user membayar terlebih dahulu untuk dapat menginstall dan memperoleh manfaat dari aplikasi tertentu. Keuntungannya adalah tiap download berarti pemasukan di sisi kamu sebagai pengembang aplikasi. Hanya saja aplikasi berbayar ini jumlah downloadnya terbatas. Selain itu, aplikasi berbayar hanya cocok bila reputasi kamu sebagai pengembang aplikasi bagus dan telah memiliki basis user yang cukup besar.
  • Aplikasi freemium Umumnya aplikasi disediakan gratis untuk diinstall. User memperoleh manfaat dari aplikasi yang diinstall namun dengan fitur yang sengaja dibatasi. Misalnya saja, ketika kamu membuat aplikasi game, beberapa level awal disediakan untuk dimainkan. Tapi untuk level yang lebih tinggi, user harus beralih ke versi bayar. Keuntungan dari model bisnis ini adalah dikarenakan gratis, aplikasi freemium jumlah downloadnya lebih besar dari aplikasi berbayar. Sayangnya boleh dikatakan tidak ada keuntungan finansial secara langsung dari aplikasi freemium. Pemasukan Anda diperoleh dari user loyal yang beralih ke versi berbayar. Ini juga menambah pekerjaan kamu sebagai pengembang aplikasi karena harus mengelola dua aplikasi yang sama namun berbeda fitur.

  • Aplikasi in-app purchase Pada model ini, aplikasi dengan fitur penuh disediakan gratis untuk diinstall. kamu mendapatkan pemasukan dengan menjual item yang berharga dalam konteks aplikasi mu, seperti mata uang game (virtual currency) atau barang-barang virtual lain. Contoh bisnis aplikasi ini adalah game Texas HoldEm Poker buatan Zynga yang disediakan gratis. kamu akan diberi chip poker dalam jumlah tertentu yang cukup untuk main secara cuma-cuma. Satu-satunya cara agar kamu bisa memiliki chip dalam jumlah banyak dalam waktu singkat harus membeli dengan uang. Keuntungan dari bisnis ini adalah karena disediakan gratis, sehingga jumlah yang didownload lebih banyak sehingga lebih populer. Tapi model bisnis ini sedikit lebih rumit karena kamu tidak hanya mengembangkan aplikasi komputer, tetapi juga harus menyediakan infrastruktur untuk menunjang sistem jual beli barang-barang virtual.
  • Aplikasi gratis berbasis iklan Model bisnis ini adalah model yang biasanya ditempuh oleh pengembang aplikasi bertaraf kecil. Kamu membuat aplikasi yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh user. Kamu mendapatkan pemasukan dari iklan yang di klik oleh user. Jika Aplikasinya bagus, jumlah downloadnya sudah pasti akan tinggi. Maka tidak diharuskan untuk pengeluaran tambahan seperti mengelola server seperti pada model bisnis in-app purchase. Tetapi biasanya pemasukan dari iklan yang diklik biasanya sangat rendah karena orang cenderung menghindari iklan, sehingga akan berdampak pada pengembalian modal yang rendah.
  • Aplikasi hibrida (kombinasi paid, freemium, in-app purchase dan gratis). Model bisnis ini biasanya ditempuh oleh pengembang bisnis, yaitu dengan menggabungkan model-model yang sebelumnya telah dijelaskan. Outfit 7 membuat dua versi aplikasi Talking Tom mereka, yaitu versi gratis dan berbayar. Versi gratis berfitur terbatas dengan disisipi iklan dan menjual barang virtual. Dengan menggunakan model bisnis gratis, kamu meraih user baru dan memperoleh popularitas. Pemasukan dari aplikasi berbayar didapat dari user loyal yang meng-upgrade alikasi gratisnya ke berbayar. Hanya saja, dengan mengembangkan beberapa versi, maka biaya dan waktu pengembangan aplikasi lebih besar.
Seperti yang saya jelaskan tadi bisnis ini harus kamu fikirkan matang-matang sebagai seorang app developer kamu tinggal tentukan jenis bisnis mana yang kamu akan pakai dalam Aplikasi khusus buatanmu sehingga menghasilkan uang untukmu.

nah, Itulah sedikit penjelasan tentang 5 Model Bisnis Pada Aplikasi Platform Untuk Mobile Device. Semoga pengetahuan kalian bertambah setelah membaca artikel ini.
Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi:

Baca juga